Rabu, 17 Maret 2010

PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN MA

PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN MA

Rumusan Kompetensi :

Mengembangkan potensi peserta didik agar maju dalam iptek dan mantap dalam imtaq, serta memproduk lulusan yang bisa masuk keperguruan tinggi umum dan agama, serta dapat diterima bekerja sesuai dengan kebutuhan pasar.

Subject Matter:

1. Pendidikan Al Quran dan Hadis

Kompetensi : Memahami dan mengamalkan kandungan al Quran dan Hadis

Tujuan Pembelajaran : Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, cerdas, terampil, pandai, baca tulis al Quran, berakhlak mulia, mengerti dan memahami serta mengamalkan kandungan al Quran dan Hadis.

2. Pendidikan Fiqih

Kompetensi : Memahami dan mengamalkan perbuatan sesuai dengan hokum-hukum syar’i (Islam).

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat memahami dan mengamalkan perbuatan yang susuai dengan hukum-hukum Islam yang bersumber dari Quran dan Hadis.

3. Pendidikan Akidah Akhlaq

Kompetensi : Memahami konsep akhlak dalam Islam dan mengamalkannya, serta memahami dan menerapkan akidah yang benar.

Tujuan Pembelajaran : Pserta didik mampu bergaul sesuai dengan konsep akhlak dalam islam dan mampu menerapkan serta mengukuhkan aqidah yang benar.

4. Sejarah Kebudayaan Islam

Kompetensi : mengetahui dan mengambil hikmah dari perkembangan masyarakat masa lampau hingga masa kini.

Tujuan Pembelajaran : Pesrta didik mampu mengambil hikmah/nilai-nilai yang dapat diambil dari Sejarah Kebudayaan Islam dan mengamalkannya.

5. Bahasa Arab

Kompetensi : Membaca, menyimak, berbicara dan menulis dalam bahasa Arab.

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membaca, menyimak, berbicara, dan menulis dalam bahasa Arab dengan baik dan benar.

6. Bahasa Inggris

Kompetensi : Membaca, menyimak, berbicara, dan menulis dalam Bahasa Inggris sebagai lanjutan dari pengajaran bahasa inggris di jenjang pendidikan sebelumnya.

Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu membaca, menyimak, berbicara, dan menulis dalam bahasa inggris yang diperlukan untuk menunjang penyerapan dan pengembangan Iptek.

7. Matematika

Kompetensi : Mengetahui dan menggunakan berbagai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengetahui dan menggunakan berbagai kegunaan matematika untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Sains

Kompetensi : Mengetahui dan menggunakan berbagai kegunaan sains dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengetahui dan menggunakan berbagai kegunaan sains untuk menyelaikan permasalahan sehari-hari.

9. Penjaskes

Kompetensi : Memahami dan mengamalkan cara hidup yang sehat.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat memahami pentingnya hidup sehat dan mau mengamalkannya.

10. Ilmu Sosial

Kompetensi : Memahami dan menyelesaikan berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari yang sering muncul seiring dengan perubahan masyarakat.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat memahami berbagai persoalan dalam masyarakat dan mengamalkan perilaku sesuai dengan norma/nilai sosial dalam masyarakat.

11. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Kompetensi : Memahami dan menerapkan berbagai ketrampilan menggunakan alat-alat teknologi untuk bekerja di masyarakat langsung.

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengoperasikan berbagai ketrampilan menggunakan alat-alat teknologi untuk bekerja di masyarakat dengan mahir

12. Bahasa Indonesia

Kompetensi : Memahami dan mengamalkan berbahasa secara tepat dan kreatif.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu berbahasa Indonesia secara tepat dan kreatif serta meningkatkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia.

13. Pendidikan Seni

Kompetensi : Menampilkan ketrampilan berolah seni.

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menampilkan berbagai ketrampilan dalam berolah seni dan mengembangkannya.

14. Pendidikan Kewarganegaraan

Kompetensi : Memahami dan mengamalkan perilaku yng berdasarkan pada nilai-nilai dasar dan norma Pancasila serta penjabarannya.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengamalkan perilaku sesuai dengan nilai dan norma Pancasila, nilai luhur yang berakar pada budaya bangsa Indonesia, dan nilai moral agama.

15. Bahasa Jawa

Kompetensi : Memahami dan mengamalkan berbahasa Jawa dengan baik dan benar serta melestarikannya sebagai salah satu keunggulan potensi daerah.

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengembangkan dan mengamalkan berbahasa Jawa dengan baik dan benar serta melestarikannya sebagai salah satu keunggulan potensi daerah

Hidden Curriculum

a) Mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru.

b) Membiasakan sholat berjamaah di musholla sekolah, baik dengan temen, guru, atau staf lain.

c) Mengadakan pengajian rutin seminggu sekali.

d) Membaca asmaul husna ketika akan memulai pelajaran.

e) Mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah bersama.

f) Bersalaman dengan guru ketika akan pulang dari sekolah.

g) Bagi murid laki-laki mengenakan peci dan bagi murid perempuan mengenakan jilbab.

h) Ruang kelas laki-laki dan perempuan dipisah.

i) Tadarus al Quran ketika pelajaran Quran Hadis akan dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar