Minggu, 15 November 2009

1. Pengertian dan Fungsi Aqidah, Hubungan Aqidah dengan Semua Ibadah, dan Aplikasinya

1.1. Pengertian
Secara etimoligis, aqidah berasal dari ‘aqada-ya ‘qidu- ‘aqdan.
Yang berarti simpul, ikatan, perjanjian, dan kokoh.
Sedangkan secara terminologi aqidah adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum oleh manusia berdasarkan akal, wahyu, dan fitrah.
1.2. Fungsi Aqidah
Aqidah memiliki beberapa fungsi antara lain:
a. Sebagai pondasi untuk mendirikan bangunan Islam.
b. Merupakan awal dari akhlak yang mulia. Jika seseorang memiliki aqidahyang kuat pasti akan melaksanakan ibadah dengan tertib, memiliki akhlak yang mulia, dan bermu’amalat dengan baik.
c. Semua ibadah yang kita laksanakan jika tanpa ada landasan aqidah maka ibadah kita tersebut tidak akan diterima
1.3. Hubungan Aqidah dengan semua ibadah
Seperti yang telah disebutkan dalam fungsi aqidah di atas, semua ibadah yang kita lakukan tidak akan ada gunanya jika tidak dilandasi dengan aqidah yang kuat dan kokoh. Ibarat sebuah bangunan, tidak ada gunanya kita membangun bangunan yang megah jika pondasi yang kita bangun tidak kokoh.. pastinya bangunan itu akan roboh.
1.4. Aplikasi Aqidah
Dalam hubungannya dengan aqidah tersebut, wajib bagi kita untuk melaksanakannya dalam kegiatan sehari-hari. Aqidah dapat diwujudkan dengan cara ibadah yang tertib.

2. Hubungan Rukun Islam dan Rukun Iman
Sangat erat hubungannya antara rukun islan dengan rukun iman. Seseorang yang beragama islam disebut muslim. Dalam kehidupannya seorang muslim sudah barang tentu harus melaksanakan rukun islam yang lima. Dan seseorang yang telah me;aksanakan rukun islam, otomatis dia memiliki iman. Seseorang yang iman disebut mukmin.dan secara tidak langsung seorang mukmin itu telah melaksanakan rukun iman yang enam.

3. Syahadat
Syahadat berbunyi:
- La iliha ilallah : beribadah hanya kepada Allah SWT.
- Muhammadur – Rasulullah : menjadikan Rasulullah sebagai titik pusat keteladan baik dalam hubungannya dengan Allah maupun dengan sesama manusia.
Syahadat berarti berjanji atau bersaksi. Seseoang yang bersyahadat berarti dia bersaksi bahwa dia hanya akan beribadah kepada Allah SWT dan menjadikan Nabi Muhammad sebagai contoh teladan yang baik.

Fungsi syahadat :

Untuk mengikat manusia yang telah berjanji ssetia untuk mendengar dan taat dalam segala keadaan terhadap semua perintah Allah SWT, yang terkandung dalam Al-Qur’an maupun Sunnah Rasul.

Masa berlaku syahadat :
Sesungguhnya tidak ada batasan waktu syahadat. Namun, syahadat dapat menjadi batal ketika seseorang yang bersyahadat melakukan hal-hal yang membatalkan syahadat seperti:
 Menyembah kepada selain Allah
 Bertawakal bukan kepada Allah
 Beramal bukan karena Allah
 Tidak menegakkan hkum Islam
 Dll.

contoh :
- Ketika seseorang menyekutukan Allah.
- Seseorang yang beramal bukan karena Allah melainkan karena ingin mendapat pujian dari orang lain.

4. Fungsi iman pada yang ghaib:
Makhluk Tuhan ada 2 yaitu al-ghaib dan asy-syahadah. Salah satu makhluk Allah yang ghaib yaitu malaikat. Berikut beberapa fungsi iman kepada makhluk Allah yang ghaib :
 Lebih menetahui kebesaran Allah.
 Lebih bersyukur kepada Allah karena telah menciptakan malaikat yang diberi tugas menjaga manusia dari godaan syaitan.
 Akan selalu berbuat baik karena merasa setiap perbuatannya akan dicatat oleh malaikat dan akan dilaporkan pada hari pembalasan esok.
5. Maksud dari pernyataan “Agama islam adalah agama yang fitrah” :
Agama islam merupakan agama yang diakui oleh Allah SWT dan merupakan agama yang diturunkan lamgsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad. Oleh karena itu agama islam bukanlah agama yang dibuat-buat oleh manusia.karena Nabi Muhammad adalah Nabi Allah yang ummy.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar